By : Marsigit
Reviewed by : Fauzani Agitya Cahyantoro
(VTR) adalah salah satu aspek pengembangan TIK untuk membentuk guru yang profesional. Bahan ajar VTR ini sering sekali digunakan dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Praktik mengajar yang baik ini juga bias diterapkan pada matematika dalam bentuk konteks berbeda yang jelas terbukti mendorong dan memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar mereka.
Manfaat dari VTR adalaha sebagai berikut.
a). Meringkas pelajaran secara singkat dengan penekanan pada masalah utama dalam pelajaran,
b). Menjadi komponen dari mata pelajaran dan metode yang utama di dalam kelas itu sendiri, dan,
c). Kemungkinan akan penyelesaian masalah dalam suatu pembelajaran dengan cara
diskusi dan Tanya jawab dengan guru menjadi lebih terbuka (Isoda, M., 2006).
Secara umum metode ini dapat dilaksanakan sebagai berikut.
- · Guru memulai pelajaran dengan memberikan pertanyaan para siswa yang memiliki kegiatan rutin.
Mempersiapkan diskusi kelompok:
- · Masalah yang disampaikan Guru disiapkan untuk kemudian didistribusikan dan ditulis dalam Lembar kerja setiap siswa. Pertama-tama, Guru membiarkan siswa bekerja secara individual yaitu membaca dan belajar kontekstual
Perkembangan dalam Diskusi Kelompok:
- · Guru membiarkan siswa untuk mendiskusikan dengan kelompok untuk memecahkan masalah tersebut
Pemantauan berkembang dalam diskusi kelompok
- · Guru membiarkan siswa untuk mengembangkan metode mereka sendiri
- · Guru membiarkan siswa untuk terus memecahkan masalah, dan jika belum terselesaikan maka dapat dilanjutkan untuk kemudian menjadi pekerjaan rumah.
Perbandingan yang dilakukan antara di jepang dan di Indonesia tidak jauh berbeda hasilnya. Bahwa, metode VTR ini sangat berguna bagi guru dan siswa. Akan tetapi terkadang siswa belum siap dalam mengikuti metode baru ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar