Minggu, 02 Oktober 2011

HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MATHEMATICS TEACHING: Action Research of Indonesian Secondary MathematicsTeaching

By : Dr. Marsigit, M.A
Reviewed by : Fauzani Agitya Cahyantoro

Tujuan utama dari penelitian tentang “usaha untuk membantu guru menggunakan model mengajar matematika sekunder” ini adalah untuk secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika pada model posisi yang ideal bagi pengajaran matematika sekunder dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalamannya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Manfaatnya adalah proses pemahaman guru dan situasi belajar mengajar yang akan ditingkatkan. Pengamatan menunjukkan bahwa setiap kali siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan mereka, mereka kemudian cenderung melakukan kegiatan lain. 
Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan lesson study. Tampaknya bahwa baik guru dan siswa mereka mengambil manfaat menggunakan lesson study, namun, implikasi dari mengembangkan lesson study oleh guru untuk pemenuhan kebutuhan akademik kompetensi ditandai sebagai implikasi tidak langsung karena tidak ada penggambaran yang riil dari skema itu. Faktor-faktor mengapa para guru memiliki kesulitan dalam mengembangkan skema diatas adalah kurangnya pemahaman guru tentang usul dari apa yang disebut 'diskusi' dan bagaimana implemen di proses belajar mengajar.
Secara khusus, penelitian tentang “usaha untuk membantu gurumenggunakan model mengajar matematika sekunder” ini merekomendasikan bahwa guru dapat: (1) Memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa melalui pengembangan kompetensi akademik "lesson-study" untuk siswa, mempromosikan kegiatan diskusi, membimbing siswa, dan mengembangkan skema untuk komunikasi antara kelompok-kelompok, (2) Mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif melalui pengembangan "lesson study" bagi siswa, siswa mengembangkan pembelajaran dalam kelompok, mengintensifkan dan pemantauan tugas mahasiswa dan homeworks, mempromosikan diskusi metode pengajaran, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar