Senin, 10 Oktober 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA


By : Dr. Marsigit, M.A
Reviewed by : Fauzani Agitya Cahyantoro

Ada bukti kuat bahwa Pelajaran Studi adalah peningkatan kegiatan siswa yaitu meliputi antusiasme, motivasi, dan kinerja. Hal ini juga meningkatkan profesionalisme guru dalam hal kinerja mengajar, variasi mengajar metode / pendekatan, kolaborasi. Butuh waktu bagi guru untuk beralih dari berpusat pada guru kepada yang berpusat pada siswa. Guru mengembangkan metode pengajaran yang didasarkan pada lebih kegiatan dan kehidupan sehari-hari memanfaatkan bahan lokal.

Siswa belajar aktif dan terlibat dalam diskusi untuk berbagi ide diantara teman-teman sekelas. Siswa menikmati belajar dengan merespon, pelajaran itu tidak begitu formal, isinya lebih mudah untuk belajar, mampu mengekspresikan ide-ide mereka, siswa punya banyak waktu untuk diskusi dengan mereka teman sekelas, lebih percobaan sains dan matematika. Guru mendapat metode alternatif untuk membiarkan siswa belajar dan membangun konsep-konsep mereka sendiri. Namun, guru mengambil waktu untuk mendapatkan digunakan untuk mengembangkan model pengajaran oleh mereka sendiri. Untuk mengembangkan pengalaman mereka, para guru juga perlu berpartisipasi sedemikian sering macam lokakarya atau seminar. Dengan menggunakan bahan-bahan mengajar guru-guru bisa melakukan proses belajar mengajar lebih efisien. Siswa menikmati mereka proses belajar karena mereka terlibat dalam mengamati dan melakukan hal-hal. Mereka bahan pengajaran juga meningkatkan motivasi siswa dan minat dalam belajar bahan. Meskipun ada mungkin macam materi pengajaran yang telah dikembangkan melalui kegiatan Lesson Study, ada topik masih lebih yang perlu memiliki atau memiliki bahan-bahan pengajaran yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar