By :Dr. Marsigit, M.A
Reviewed by : Fauzani Agitya Cahyantoro
Pengertian analisis teoritis adalah kegiatan teori, konstruktif dan konsep partisipasi terbimbing. Dalam pengaturan kelompok-diskusi, pengembangan kegiatan terlihat baik secara implisit dan eksplisit, dan juga ada indikasi bahwa kesempatan siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka semakin meningkat. Peran guru menjadi salah satu faktor penting bagi anak-anak mereka untuk mengembangkan kemampuan kognitif mereka di antara kendala mereka dalam kelompok-diskusi. peran ini tidak hanya terbukti dalam diri guru yang memiliki kesadaran akan tujuan-tujuan pembangunan, tetapi juga pengetahuan siswa mereka, kepekaan guru untuk kepentingan siswa dan juga motivasi.
Ada indikasi bahwa dalam setiap siklus siswa tidak hanya sekedar berperilaku sebagai pelaksana kegiatan tetapi juga sebagai agen aktif dalam membangun kegiatan sendiri. Beberapa siswa tidak hanya tetap dalam peran mereka sebagai konstruktor di banyak sesi, tetapi juga peran lain aktif seperti peran asisten. Efek pemogokan aktivitas dalam kelompok-diskusi adalah bahwa keterampilan percakapan dari mereka menjadi jelas, beberapa dari mereka mempunyai inisiatif sendiri-sendiri,. Dengan mengamati pada transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, jelas merupakan aspek penting dari interaksi kegiatan
negosiasi.
negosiasi.
kesimpulannya, melalui tindakan kelas berupa diskusi kelomok ini siswa tidak hanya menjadi sebagai pembelajar aktif tetapi juga sebagai konstruktor hidup pengetahuan mereka sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar